PELATIHAN KEGAWATDARURATAN MATERNAL DAN NEONATAL

Dibuat: Administrator, 22 Nov 2017, 09:45

Kesehatan merupakan hak asasi manusia dan salah satu unsur kesejahteraan yang harus diwujudkan sesuai cita-cita bangsa Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Peningkatan derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat diselenggrakan melalui upaya kesehatan dengan pendekatan pemeliharaan, peningkatan kesehatan (promotif), pencegahan (preventif), penyembuhan (kuratif) dan pemulihan kesehatan (rehabilitatif) yang dilakukan secara menyeluruh, terpadu dan berkesinambungan.

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 1464 Tahun 2010 dalam menjalankan praktik bidan berwenang untuk memberikan pelaynanan kesehatan ibu, kesehatan anak dan kesehatan reproduksi perempuan dan keluarga berencana. Pelayanan kesehatan ibu tersebut meliputi pelayanan konseling masa pra hamil, pelayanan antenatal pada kehamilan normal, pelayanan persalinan normal, pelayanan ibu nifas normal, pelayanan ibu menyusui dan pelayanan konseling pada masa antara dua kehamilan. Melihat hal tersebut, pelatihan kegawatdaruratan maternal dan neonatal sangat penting guna bekal mahasiswa dalam melaksanakan praktik dilapangan.

Pelatihan kegawatdaruratan maternal dan neonatal ini dilaksanakan atas kerjasama Akbid ‘Aisyiyah Pontianak dengan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) wilayah provinsi Kalimantan Barat. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari yaitu tanggal 1-3 November 2017 di Hotel Orchardz Pontianak. Seluruh peserta (mahasiswa Akbid ‘Aisyiyah Pontianak angkatan X) antusias mengikuti pelatihan tersebut. Semoga kegiatan ini dapat terus diselenggarakan guna meningkatkan kualitas lulusan.

 

Tags:

Agenda Terkini

  • Agenda : Tidak ada agenda

Selengkapnya

Berita Populer