Menggali Lebih Dalam: 5 Jenis Jaringan Komputer

Estimated read time 4 min read

Tidak banyak yang tahu jenis jaringan komputer, hal ini perlu diketahui terkait cara kerja ataupun sistem yang ada pada jaringan komputer.

Jaringan komputer adalah kumpulan perangkat keras dan perangkat lunak yang saling terhubung dan berkomunikasi satu sama lain, baik secara kabel maupun nirkabel, untuk tujuan berbagi sumber daya seperti file, printer, dan koneksi internet. Jaringan komputer memungkinkan komunikasi data antara perangkat, memungkinkan akses bersama terhadap informasi, dan mendukung berbagai layanan seperti email, media sosial, dan transfer file. 

Tujuan Jaringan Komputer Meningkatkan komunikasi, memungkinkan pengguna untuk berbagi informasi, sumber daya, dan aplikasi antara satu sama lain.

Meningkatkan efisiensi, mengizinkan berbagi perangkat keras seperti printer dan scanner, serta mengurangi biaya karena beberapa perangkat dapat digunakan bersama. Meningkatkan komunikasi: Memungkinkan pengguna untuk berbagi informasi, sumber daya, dan aplikasi antara satu sama lain. Meningkatkan efisiensi, mengizinkan berbagi perangkat keras seperti printer dan scanner, serta mengurangi biaya karena beberapa perangkat dapat digunakan bersama. Meningkatkan ketersediaan, dengan menyimpan data secara terdistribusi, jaringan komputer dapat meningkatkan ketersediaan informasi dan aplikasi.

Jaringan komputer memiliki beberapa keunggulan, termasuk kemampuan untuk berbagi sumber daya seperti printer dan file, komunikasi yang cepat dan efisien, serta memungkinkan kolaborasi antar pengguna dari lokasi yang berbeda. Meskipun memiliki banyak keunggulan, jaringan komputer juga memiliki beberapa kekurangan, seperti risiko keamanan yang meningkat, ketergantungan pada infrastruktur yang kompleks, potensi untuk kegagalan sistem yang dapat mengganggu produktivitas, dan biaya implementasi dan pemeliharaan yang tinggi.

Jenis Jenis Jaringan Komputer

Berikut jenis kabel untuk jaringan komputer adalah:

  1. Local Area Network (LAN)

Jaringan area lokal, ataupun LAN, merupakan tipe jenis jaringan komputer yang sangat universal. Perihal ini membolehkan pengguna buat tersambung dalam jarak pendek di zona universal. Sehabis tersambung, pengguna mempunyai akses ke sumber energi yang sama. Misalnya, Kamu bisa jadi memakai LAN dikala menyambungkan laptop ke internet di rumah serta mencetak dokumen dari printer di jaringan yang sama. 

  1. Personal Area Network (PAN)

Jaringan zona individu, ataupun PAN, merupakan jenis jaringan komputer berskala kecil yang berbalik di dekat satu orang ataupun fitur. PAN cuma menghubungkan sebagian fitur di zona lokal yang kecil. Daripada menyertakan banyak fitur, PAN umumnya beroperasi dari satu ataupun 2 fitur utama. Misalnya, bila Kamu memakai guna Bluetooth pada ponsel pintar Kamu buat berbagi gambar dengan fitur terdekat, Kamu memakai PAN. 

  1. Wireless Local Area Network (WLAN)

Jaringan area lokal nirkabel, ataupun WLAN, beroperasi mirip dengan LAN sebab mengirimkan informasi dalam zona kecil. Koneksi kabel tidak sering dibutuhkan buat fitur yang memakai WLAN. Walaupun umumnya kurang nyaman serta sedikit lebih lemah dibanding jaringan lain, WLAN membagikan fleksibilitas kepada pengguna buat memakai fitur mereka di bermacam posisi. Misalnya, pengguna bisa jadi menyambungkan monitor balita ke WLAN buat membenarkan fitur senantiasa beroperasi di mana juga anak mereka tidur.

  1. Metropolitan Area Network (MAN)

Jaringan zona metropolitan, ataupun MAN, merupakan jenis jaringan komputer berdimensi lagi yang lebih besar dari CAN. Walaupun MAN merupakan jaringan yang mahal, MAN sediakan konektivitas yang efektif antar fitur dalam rentang geografis yang luas. Misalnya, pemerintah kota bisa jadi beroperasi dengan MAN bila memiliki kantor di segala daerah metropolitan.

  1. Wide Area Network (WAN)

Jenis jaringan komputer area luas, ataupun WAN, merupakan jaringan luas yang tidak terbatas pada ruang geografis. Korporasi serta industri internasional bisa memakai WAN buat sediakan jaringan universal dengan konektivitas yang luas. Misalnya, pekerja jarak jauh yang memakai internet buat mengakses data dari perusahaannya menggunakan WAN. 

Kesimpulan

Secara singkat, jenis jaringan komputer mencakup LAN, WAN, MAN, PAN, dan WLAN, yang masing-masing dirancang untuk berbagai skala dan keperluan komunikasi. Pemilihan jenis jaringan yang tepat sangat tergantung pada kebutuhan spesifik organisasi atau individu, dengan pertimbangan seperti jarak geografis, jumlah perangkat, kecepatan, dan keamanan yang diperlukan. Dengan evolusi teknologi, jaringan komputer terus berkembang untuk mendukung kebutuhan yang semakin kompleks dan mobilitas yang semakin tinggi.

akbidadmin http://akbid-aisyiah-ptk.ac.id

Selamat datang, perkenalkan nama saya randy destawira. Saat ini saya sedang menggeluti bidang pengetahuan tekno terbaru. Mungkin tidak hanya ada satu jenis teknologi yang kalian harus tahu contohnya saja, windows, software, hardware, dan network. Maka dari itu, untuk menambah wawasan kamu baca selalu beragam post yang telah saya buat. Terima kasih.